Cikal bakal berdirinya Niknema Photography di mulai tahun 2012, ketika itu Priyanto S.Pd.,M.Si. (Pri Jpg) mendapatkan project pembuatan video kegiatan PKKMB. Untuk menjalankan project Priyanto S.Pd.,M.Si. meminta bantuan ke Farid, kris, Ilung, dan Anton (Mahasiswa Politeknik Madiun) untuk menjalankan project tersebut, Priyanto S.Pd.,M.Si. bermodalkan handyam dan juga kamera dslr, dokumentasi acara tersebut di jalankan. Berdasarkan kegiatan yang sebelumnya dilakukan, untuk meneruskan divisi pendokumentasian, dicarilah penerus dari kegiatan tersebut. Munculah keinginan dari Edy Wirawan dan Danang Surya Cahyo Dwi Saputra untuk belajar tentang fotografi. Dengan bantuan handycam dari Priyanto S.Pd.,M.Si. dan juga kamera milik Edy Irawan, akhirnya munculah keinginan Edy Irawan dan Danang Surya Cahyo Dwi Saputra untuk membuat perkumpulan pencinta fotografi di kampus Politeknik Madiun (nama sebelum menjadi Politeknik Negeri).

Seiring berjalannya waktu, perkumpulan tersebut di resmikan dalam bentuk kegiatan mahasiswa yang bernama Niknema Photography. Niknema Photography resmi didirikan tanggal 7 Februari 2012. Kata Niknema dicetuskan oleh Prasetyo Yekti Utomo, S.E., M.M. yang memiliki arti Politeknik Negeri Madiun dan kata Photography adalah Bahasa Inggris dari fotografi. Ketua yang pertama adalah Edy Wirawan dengan wakil Danang Surya Cahyo Dwi Saputra.

Pada tahun 2013, karena status Politeknik Madiun sudah menjadi negeri maka Politeknik Negeri Madiun harus memiliki beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Di tahun 2013 banyak UKM yang didirikan, salah satunya adalah UKM Niknema Photography. Dengan pembina pertama adalah  Prasetyo Yekti Utomo, S.E., M.M.

Pada awalnya UKM Niknema Photography bergabung dengan UKM Seni Budaya (SB). SB beranggotakan 3 UKM yaitu, Niknema Photography, Musican, dan Tari. Di tahun 2014 saat ketua Niknema Photography kedua dijabat oleh Irwan Adi Pradana mulai banyak kegiatan yang telah dilakukan, misalnya workshop  dan videografi.

Pada tahun 2015 saat ketua ketiga UKM Niknema Photography adalah Cahyo Febrianto, masuklah UKM baru di SB yaitu, UKM Stupa. Namun, akhirnya Niknema Photograpy memutuskan berpisah dari SB. Karena UKM seharusnya tidak memiliki sub-UKM. Jadi Niknema Photography, Musican, Tari, dan Stupa berdiri menjadi sendiri-sendiri menjadi UKM hingga sekarang.

Di karenakan Prasetyo Yekti Utomo, S.E., M.M. mendapat amanah untuk menjabat sebagai wadir 3 di PNM, jabatan sebagai pembina UKM Niknema Photography harus dilepaskan, sebagai penggantinya, Priyanto S.Pd.,M.Si. menggantikan jabatan tersebut sebagai pembina UKM Niknema Photography hingga saat ini. Pergantian posisi jabatan pembina dilakukan tahun 2015 saat ketua umum Niknema Photography dijabat oleh Liswardana Gostafi Arifin sebagai ketua keempat. Kemudian jabatan sebagai ketua umum Niknema Photography dijabat oleh Anggi Sandra sebagai ketua kelima. kemudian pada tahun 2018, ketua keenam UKM Niknema Photography yaitu Ahmad Afif Amrulloh yang dilanjutkan ketua ketujuh yaitu Bangkit Wahyu Dwi Mahendra Putra Hingga. Saat ini jabatan ketua dipegang oleh Afrizal Taufiq Wicaksono dan pembina UKM Niknema Photography masih dipegang oleh Priyanto S.Pd.,M.Si.